Saturday, April 02, 2011

Peta Perekonomian - Mata Pencaharian Penduduk Indonesia


Dilihat dari segi geografisnya, Indonesia merupakan negara agraris, memiliki 2 musim yaitu musim kemarau dan musim hujan. Indonesia memiliki banyak pulau ±17.504 pulau, baik pulau besar maupun pulau kecil yang belum ada namanya. Indonesia juga memiliki wilayah laut yang cukup luas. Oleh karena itu mata pencaharian penduduk di indonesia beragam, diantaranya:
  • mayoritas penduduk indonesia bermata pencaharian sebagai petani, dikarenakan indonesia adalah negara agraris, memiliki wilayah yang luas dan tanah yang subur. beda daerah beda pula hasil pertaniannya.
  • kedua adalah nelayan, karena wilayah perairan indonesia sangat luas namun rata-rata para nelayan ini dikatagorikan miskin dikarenakan kehidupan mereka yang boros, susah melaut karena adanya badai atau ombak pasang, dan harga solar yang mahal hingga pemasukan yang mereka peroleh lebih sedikit dibandingkan pengeluarannya.
  • ketiga adalah peternakan, penduduk indonesia juga banyak yang menjadi peternak seperti peternak sapi, peternak kerbau, peternak kuda, peternak ayam, dll.

No comments:

Post a Comment