Tuesday, March 26, 2013

TOEFL, IELTS and TOEIC


TOEFL (Test of English as a Foreign Language) adalah ujian kemampuan bahasa Inggris (logat Amerika) yang diperlukan untuk mendaftar masuk ke Universitas di Amerika Serikat atau Negara-negara lain. TOEFL diselenggarakan oleh kantor ETS (Educational Testing Service) di Amerika Serikat untuk semua peserta tes di seluruh dunia.

Pada awalnya TOEFL diperlukan bagi pelajar di negara-negara yang bahasa ibunya bukan bahasa inggris yang ingin melanjutkan study ke negara-negara yang bahasa resminya bahasa inggris seperti Amerika Serikat, Kanada dan Negara-negara bagian Eropa Barat.

Tidak hanya untuk ke luar negeri saja, di Indonesia TOEFL juga digunakan untuk:
  • Persyaratan bagi penerimaan karyawan baru di instansi pemerintah, perusahaan pemerintah dan swasta
  • Syarat peneremiaan mahasiswa baru di jenjang S2 dan S3
  • Syarat pengajuan beasiswa, baik dari pemerintah maupun swasta
Secara umum TOEFL score minimal yang di syaratkan sekitar iBT 80-92 atau jika di iquevalenkan ke PBT sekitar antara 550 - 580.

Sumber:
http://internationallanguagecenter.wordpress.com/about/


 
IELTS (International English Language Testing System) adalah uji coba kemampuan berbahasa inggris yang bersama diselenggarakan oleh Universitas Cambridg, British Council dan IDP Educational Australia.
 
Untuk score IELTS dibutuhkan band scale dalam rentang 6.0 - 6.5 untuk program sarjana dan band scale 7.0 -7.5 bagi peminat program pascasarjana.
 
Sumber;
http://id.wikipedia.org/wiki/IELTS
http://edukasi.kompas.com/read/2012/03/28/1155178/Menilik.Perbedaan.TOEFL.dan.IELTS
 
 



TOEIC (Test of English for International Communication) adalah tes yang hanya mengukur kemampuan berbahasa inggris dalam aktivitas sehari-hari. TOEIC lebih mudah dibandingkan TOEFL. Score TOEIC dimulai dari 400 - 900.

Sumber:
http://mugocaturpamungkas.blogspot.com/2011/04/perbedaan-toefl-dan-toeic.html

No comments:

Post a Comment