Monday, May 02, 2011

Masalah Pokok Perekonomian - Inflasi



Inflasi adalah suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus-menerus berkaitan dengan mekanime pasar yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, antara lain konsumsi masyarakat yang meningkat, berlebihnya likuiditas di pasar yang memicu konsumsi atau bahkan spekulasi, sampai termasuk juga akibat adanya keytidak lancaran distribusi barang.
Inflasi dapat disebabkan oleh 2 hal, yaitu tarikan permintaan dan desakan produksi atau distribusi.
Sumber:

Berbagai macam kebijakan untuk mengatasi inflasi adalah:
  1. Kebijakan Moneter, dapat dilakukan melalui instrumen-instrumen seperti: politik diskoto, politik pasar terbuka, dan peningkatan cash ratio.
  2. Kebijakan Fiskal, dapat dilakukan dengan instrumen berikut: mengatur penerimaan dan pengeluaran pemerintah dan menaikan pajak.
  3. Kebijakan Non Moneter, dapat dilakukan degan melalui instrumen berikut: mendorong agar pengusaha menaikan hasil produksinya, menekan tingkat upah, pemerintah melakukan pengawasan harga dan sekaligus menetapkan harga maksimal, pemerintah melakukan distribusi secara langsung, melakukan sneering (pemotongan nila mata uang), dll.
Dengan bebagai macam kebijakan seperti diatas, diharapkan mampu mengatasi masalah inflasi agar perekonomian Indonesia semakin membaik.
Sumber:

No comments:

Post a Comment