Tuesday, May 28, 2013

Soe Hok Gie


 Mungkin gw salah satu orang yang ketinggalan jaman. Tapi it's ok lah lebih baik telat dari pada tidak sama sekali. Barusan gw nonton film Soe Hok Gie (2005) yang di perankan oleh Nicholas Saputra. Film itu tayang waktu gw kelas 1 atau 2 SMP (agak lupa) dan dulu gw ga suka yang namanya nonton film. Tapi ga tau kenapa tadi pada saat gw didepan laptop, terlintas dipikiran gw buat nonton film tersebut. Asli deh gw merinding ga tau kenapa bisa begitu. Setelah gw nonton, ah gila... di tahun itu (sekitar tahun 50an-60an) mahasiswa/i pada waktu itu jiwanya lebih demokratis, pola pikirnya lebih anarkis, dan pemberani. Kembali lagi pada sosok Soe Hok Gie, gw agak amazing banget ada mahasiswa seberani itu untuk melakukan perubahan terhadap negaranya. Sedangkan kita, mahasiswa jaman sekarang kayak kita kerjaannya cuma nongkrong, pacaran, main-main. Cuma sedikit yang sosoknya seperti Soe Hok Gie di jaman sekarang ini. Sangat disayangkan Soe Hok Gie meninggal dunia di usia yang sangat muda (26 tahun). Seandainya dia masih hidup sampai saat ini, kira-kira seperti apa ya perjuangan dia selanjutnya? Ah... mungkin ini semua sudah rencana Tuhan agar generasi muda selanjutnya yang bertindak untuk melakukan perubahan. Apakah mahasiswa seperti kita di jaman sekarang ini bisa meneruskan perjuangan Soe Hok Gie dan Mahasiswa Trisakti (1998)? Who knows?

No comments:

Post a Comment