Sunday, March 27, 2011

Pengangguran di Indonesia


Pengagguran adalah istilah untuk orang yang tidak bekerja bekerja sama sekali, sedang mencari kerja, bekerja kurang dari dua hari seminggu, atau seseorang yang sedang berusaha mendapatkan pekerjaan yang layak. Pada umumnya pengangguran terjadi dikarenakan jumlah angkatan kerja lebih banyak dari jumlah lapangan kerja yang mampu menyerap. Dampak dari pengangguran sendiri adalah menimbulkan kemiskinan dikarenakan masyarakat yang tidak memiliki pendapatan atau penghasilan.
Jumlah pengangguran di Indonesia tercatat sebanyak ± 4,1 juta orang. Angka ini cukup fantastik karena didominasi oleh lulusan diploma dan universitas dengan kisaran angka di atas 2 juta orang. Merekalah yang kerap disebut dengan "pengangguran akademik".
Pada februari 2010 BPS mencatat bahwa jumlah pengangguran mengalami penurunan sekitar 370 ribu orang jika dibandingkan dengan agustus 2009 lalu, atau turun sekitar 670 ribu orang jika dibandingkan dengan februari 2009 lalu.
Menurut World Economic Forum Index daya saing Indonesia pada saat ini pada peringkat 60 dari 80 negara. Rendahnya daya saing akan berdampak pada banyaknya perusahaan-perusahaan yang bangkrut dan menambah besar jumlah penganggur.
Upaya strategis mengurangi pengangguran dan meningkatkan daya saing:
  • menciptakan persaingan sehat dan peluang usaha yang seluas-luasnya bagi pengusaha kecil dengan menyediakan jaminan pasar dan harga
  • menyediakan modal, yang mudah prosedurnya dan ringan persyaratannya
  • menyediakan teknologi tepat-guna yang mudah digunakan dan terjangkau kepemilikannya
  • memperbanyak program-program latihan dan pendidikan keterampilan serta manajemen
  • mendorong para petani, peternak dan nelayan membentuk lembaga swadaya ekonomi yaitu keperasi
  • meningkatkan kemitraan yang saling menguntungkan dengan perusahaan negara dan swasta
  • meningkatkan kesadaran konsumen dalam negri untuk mencintai dan menggunakan produk-produk dalam negri serta menganeka-ragamkan pilihan pangannya.
Sumber:
http://edukasi.kompas.com/read/2010/02/18/16344910/Angka.Pengangguran.Akademik.Lebih.dari.Dua.Juta
http://kbi.gemari.or.id/beritadetail.php?id=2077

No comments:

Post a Comment